Selamat datang

Hello world! Selamat datang di blog ini. Ini adalah posting pertama sejak saya mendaftarkan blog ini di sekitar tahun 2002. Dan mulai dicoba isi dan dipelajari di sekitar tahun 2007. Cukup lama juga jedanya.

hello world

Membuat blog ini sebenarnya cuma sekedar mencoba saja. Kebetulan waktu itu platform Blogspot/Blogger ini yang populer buat para blogger, walau saat ini fitur-fiturnya belum terlalu banyak. Template pun terbatas, baik yang built in di blogger atau buatan orang lain.

Tapi karena minimnya pengetahuan, kadang jadi membuat malas untuk mempelajari dan membuka blog lagi saat ada masalah, atau mentok tidak ketemu solusinya saat belajar.

Tetap saja blogger/blogspot menarik buat saya, karena keleluasan untuk mengotak atik kode templatenya. Menambah aksesoris ini itu termasuk memasang iklan adsense, atau iklan lain, kalau blognya sudah ramai pengunjung.

Kelebihan ini yang tidak dimiliki oleh platform blog wordpress versi gratis. Walau katanya secara kecepatan dan template gratisnya juga sudah bagus-bagus dan menarik, tapi tidak memungkinkan untuk dipasangi adsense (saat itu). Walaupun begitu wordpress sangat diminati oleh para blogger, baik pemula atau yang sudah pro.

Untuk blogger yang pro biasanya menguprade ke wordpress yang versi self hosted, sehingga memungkinkan untuk diotak atik sendiri kodenya atau menggunakan plugin.

Kembali ke akun blogspot/blogger saya ini, saya akan pertahankan dan coba hidupkan dan isi lagi. Karena bisa juga sebagai penanda kalau saya sudah lama punya akun blogspot.

Post a Comment