Ngoprek lagi template blog

Setelah sekian lama tidak buka blog, saat buka lagi jadi pengen ngoprek kode di dalamnya. Ini lantaran saat saya lihat kodenya, maksudnya kode utama dari blogger ternyata sudah ketinggalan versi. Kode yang terbaru blogger adalah gadget versi 2.

kode template blogger

Kode versi 2 ini sepertinya berbarengan dengan dirilisnya template-template baru bawaan blogger, seperti Contempo, Soho dan temean temannya di sekitaran tahun 2017. Disamping kode-kode yang baru, tampilan template tersebut jg terasa modern dan fresh. Hanya saja, dari semua varian template tadi, saya merasa kurang pas. Hanya bagian comment system yang suka.

Kode-kode dari template baru bawaan blogger susah dipelajari?

Saya sudah mencoba melihat kode-kode dari template-template baru tadi. Tapi karena kode nya jumlah barisnya sangat banyak, jadi malah ga paham. Contohnya untuk template Contempo, kode CSS aja sekitar 2000-an baris. Ini bikin saya ga semangat untuk mempelajarinya. Apalagi saya bukan coder, hanya sekedar suka pelajari saja secara amatir.

template baru blogger - contempo

Belum lagi masing-masing template tadi mempunyai susunan kode dan pendekatan yang berbeda, tergantung masing-masing desainernya dan juga codernya. Ini yang makin membuat saya makin susah untuk mempelajarinya. Padahal ini template resmi keluaran blogger. Bagaimana kalau mempelajari ini dari template custom. Tentu juga makin sulit saya pahami karena masing-masing pembuat template punya gaya dan pendekatan berbeda saat membuat template.

Itulah akhirnya yang membuat saya lebih senang dengan mempelajari kode dasar blogger dengan cara meng-generate kodenya di template. Cara yang saya lakukan dengan menghapus semua kode, lalu memasukkan kode layout html standar, ditambah kode blogger tertentu di bagian 'head', lalu di masing-masing bagian layout, masukkan kode section dan widget. Dan terakhir saat di-save akan muncul kode2 standar dari masing-masing widget tadi. Khususnya yang paling panjang kodenya adalah kode dari widget Blog sebagai bagian utama isi blogger.

Saya berencana bikin step-step meng-generate kode standar blogger ini. Tapi karena pasti agak panjang tulisannya, mungkin lain kali akan dibuatkan kalau sempat. Jadi kalau mau baca-baca lebih lanjut bisa dilihat di sini. Atau mungkin banyak blogger lain yang sudah membuat tutorialnya yang berbahasa Indonesia.

Hasil dari generate kode standar tadi, kalau dibuka di blog sudah bisa muncul, tapi hanya teks standar yang berantakan. Karena itu perlu dibuat CSS nya untuk mengatur layout, tipografi, warna tema, dll. Sayangnya untuk comment system masih pakai versi yang lama, jadi harus kita ubah dengan versi baru nantinya. Untuk structured data posting, sudah otomatis ada dan memakai json-ld.

Yang paling menyita waktu adalah saat mendandani tampilan dengan CSS

Pekerjaan berikutnya ini yang paling banyak menyita waktu. Yaitu mengatur CSS layout, tampilan, menambah comment system, menambah breadcrumb, membuat thumbnail dan snippet, related post dll.

template blogger belalang

Untungnya beberapa potongan CSS untuk layout dan pengaturan lain masih bisa saya comot dari template lama. Juga script untuk related post juga masih bisa diterapkan. Sehingga sudah sangat membantu untuk mulai menata tampilan template nya.

Hasil akhir template memang sangat sederhana. Simple. Tapi fiturnya lumayan banyak. Dan yang lebih penting lagi sudah SEO-zed dan responsive. Untuk soal tampilan dan lain-lain tinggal main-main aja dengan CSS nya kalau sudah punya waktu luang lagi.

4 comments

  1. Baik CSS layout atau kode html template blogger aku tidak paham kang, lihat kodenya saja sudah pusing. Mendingan pakai yang sudah jadi saja.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kang. saya jg pusing. tapi karena sudah terbiasa, jadi ya dinikmati aja. dan hasilnya lumayan buat ngilangin/nambah stress.. :d

      Delete
  2. Sudah lama tidak berkunjung ke blog ini. Jujur, saya agak awam kalau main SEO dan template, jadi bawaan blogger aja, yang penting artikel bisa dibaca dan bermanfaat. Memang idealnya SEO harus dikuasai dan template diperbaharui, tapi perlu belajar dan waktu juga. Semoga blog ini semakin sukses. Salam silaturahim

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung ke sini.
      saya juga awam soal SEO dan template. saya hanya coba pelajari pelan2 dan terapkan di blog saya. lumayan buat ngisi waktu luang dan menyalurkan hobbi. salam kenal juga

      Delete

Post a Comment